Macam-Macam Gangguan Tidur Manusia

Macam-Macam Gangguan Tidur Manusia

Macam-Macam Gangguan Tidur Manusia - Tidur merupakan aktivitas umum yang dibutuhkan oleh makhkuk hidup, baik manusia maupun hewan. Ketika tidur, tubuh manusia akan melakukan pembentukan dan regenerasi sel, sebagai pengganti energi yang sudah terbuang seharian. Dengan tidur, kinerja tubuh akan bekerja maksimal sehari hari, maka dari itu penting sekali untuk tidur yang cukup.
Dalam tidur, terdapat gangguan-gangguan yang menggangu tidur seseorang. Ada banyak jenis dan macam gangguan ketika tidur, dan kali ini saya akan membagikan beberapa gangguan-gangguan dalam tidur.

1. Insomnia
Insomnia merupakan gangguan tidur dimana orang tersebut kesulitan untuk tidur, atau merasa kurang memiliki waktu tidur yang cukup. Insomnia cukup umum terjadi dan banyak yang mengalaminya. Gejala insomnia yaitu kesulitan untuk tidur dan sering terbangun di malam hari. Penyebaba insomia diantaranya yaitu depresi, stress, pola tidur, obat-obatan, dll.
2. Hipersomnia
Hipersomnia merupakan kebalikan dari Insomnia. Hipersomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya memiliki waktu tidur yang lebih lama, penderita akan memiliki rasa kantuk yang berlebihan. Penyebabnya bisa dari gangguang sistem syaraf atau metabolisme tubuh, namun belum terlalu jelas apa penyebab Hipersomnia.
3. Sleep Apnea
Sleep Apnea merupakan gangguan tidur yang terjadi ketika saluran pernapasan bagian atas mengalami penyumbatan dan menggangu proses pernafasan ketika tidur. Hal ini menyebabkan penderita terbangun dari tidur. Sleep Apnea bisa terjadi berulag kali ketika tidur. Orang yang mendengkur ketika tidur akan lebih mudah terkena Sleep Apnea.
4. Narkolepsi
Narkolepsi sering disebut serangan tidur. Penderita akan sulit mempertahankan kesadaran, hampir sepanjang waktu ia mengantuk. Rasa kantuk akan hilang setekah tidur 15 menit, namun akan kembali lagi. Narkolepsi disebabkan karena gelombang REM yang menyusup ke gelombang sadar, akibatnya penderita akan merasa ngantuk, dan otak seolah bermimpi dalam keadaan sadar.
5. Sleep Walking
Sleep Walking berarti tidur sambil berjalan. Tidak diketahui pasti apa penyababnya, stress atau kesulitan tidur bisa menjadi faktor utama. Genetika juga dapat menjadi penyebab Sleep Walking. Sleep Walking tidaklah berbahaya jika ada yang mengawasi. Jika sendiri, Sleep Walking bisa berbahaya.
6. Sleep Paralysis
Sleep Paralysis merupakan gangguan tidur dimana penderita akan merasa sesak nafas, lumpuh, dll. Sleep Paralysis disebabkan karena adanya lompatan dari fase tidur ringan langsung ke fase REM. Hal ini menyebabkan ketika terbangun, penderita masih berada dalam kondisi setengah sadar, tubuh merasa lumpuh, dan halunisasi makhluk halus.
7. Parasomnia
Parasomnia merupakan gangguan tidur yang melibatkan kegiatan fisik ketika sedang terditur. Contohnya seperti mengingau, menggerakan kaki, dll. Parasomnia lebih banyak diderita anak anak.
8. Mendengkur
Mendengkur biasanya dialami orang dewasa, anak anak juga juga ada yng mengalaminya. Suara dengkuran berasak dari udara yang masuk kemudian menggetarkan jaringan halus yang ada di tenggorokan. Mendengkur juga bisa menjadi pertanda masalah tidur yang lebih serius.
9. Nightmare
Nightmare merupakan gangguan yang terjadi dimana penderita mendadak terbangun dan berteriak atau menangis. Nightmare mungkin disebabkan mimpi buruk yang mempengaruhi jiwa penderitanya.

Itulah beberapa gangguan pada tidur, apakah kalian mengalami gangguan tidur, segeralah cari obat penangkalnya.
Sekian postingan saya yang berjudulMacam-Macam Gangguan Tidur Manusia.
Jangan lupa baca postingan saya sebelumnya Penjelasan Mengenai Fenomena Sleep Paralysis.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Gangguan Tidur Manusia"

Posting Komentar